Rabu, 20 Februari 2013

MELEJITKAN DAYA INGAT OTAK KANAN INSPIRASI ALQUR’AN & SUNNAH RASULULLAH

Surah Yaasiin ( QS 36 : ayat ke 36)“MahaSuci (Allah) yang telah menciptakan semuanya berpasang-pasangan, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka sendiri, amupun dari apa yang tidak mereka ketahui”

Hikmah : Bagian Tubuh Diciptakan Berpasangan.
Allah SWT menciptakan bagian tubuh manusia berpasangan, Ada mata kanan-kiri, telinga kanan-kiri, tangan kanan-kiri, kaki kanan-kiri, organ tubuh ; paru-paru kanan-kiri, dan belahan OTAK KANAN-KIRI. Secara fisiologis, OTAK KANAN memperngaruhi syaraf motorik badan sebelah kiri, sedang OTAK KIRI mempengaruhi syaraf motorik sebelah kanan, ini umumnya terjadi pada kasus penderita STROKE.

Penemuan OTAK KANAN Profesor Roger W Sperry dari Universitas Calofornia, AS sejak 1960 – an meneliti dan akhirnya menemukan Teori Dual Brain and Hemisperic Specialization. Atas penemuannya

, Profesor Sperry meraih hadiah Nobel pada 1981. Beliau menemukan bahwa Neocortec (otak yang digunakan untuk berpikir, berbicara, melihat, mendengar dan mencipta) terbagi dalam dua hemisper (bagian/belahan) fisiologis, yang masaing-masaing berkaitan dengan fungsi-fungsi mental berbeda.

Perbedaan Fungsi :
OTAK KIRI OTAK KANANLogika Imajinasi
Tulisan Warna
Angka Musik
Hitungan Kreativitas
Urutan Emosi
Analisisi Bentuk
Short Term Memory Long Term Memory


Sunnah Rasulullah SAW, lebih dari 14 Abad lalu:Hadist dari Aisyah RA dari nabi Muhammad SAW bahwasanya beliau suka mendahulukan yang kanan ketika memakai sandal, menyisir rambut, bersuci dalam dan setiap urusannya. (HR Mutafaq Alaih)

Menurut Syaikh Muhammad Utsmain Hafikahullah dalam Syarh Bulugul Maram, ada tiga keadaan:
1. Apa-apa yang ditunjukan As Sunnah untuk dimulai dengan yang kanan, mulailah dengan yang kanan.
2. Apa-apa yang ditunjukan As Sunnah untuk dimulai dengan yang kiri, mulailah dengan yang kiri.
3. hal yang tidak disebutkan dalam dua keadaan diatas, maka mulailah dengan yang kanan karena asalnya adalah mulia. Karenanya para ulama menyatakan ungkapan yang seusian dengan pe,bagian ini, mereka menyatakan “Yang kiri didahulukan dalam hal buruk dan yang kanan dala hal yang sebaliknya.”

Maka mulailah dari yang kanan sesuai tuntunan As Sunnah:
Berwudhu…salam dalam shalat…masuk kemasjid… menyisir rambut… berpakaian…makan dan minum…berjabat tangan…tidur cara Rasulullah SAW, gerakan Thawaf, dll.
Kalu otak diciptakan berpasangan kanan dan kiri, mak semestinya…bertafakur…berpikir…mulai dengan Otak sebelah kanan !!


Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar