Minggu, 04 November 2012

TEORI PEMBAGIAN OTAK

    Otak adalah salah satu organ tubuh yang paling berpengaruh dalam kehidupan manusia. peran otak tidak bisa di wakilkan oleh anggota badan atau organ tubuh lain.

     Sejak 1810 Joseph Gall telah menemukan bahwa pusat pikiran dan perasaan itu berada di otak. bukan di hati, bukan pula di jantung. dan penemuan ini telah diaminkan seluruh pakar di sepanjang zaman. 
Otak di bagi menjadi 2 bagian yaitu Otak kanan dan Otak kiri. dan kedua belahan otak ini mempunyai peran dan fungsi yang berbeda-beda. Perbedaan fungsi otak ini telah populer sejak tahun 1960-an dari hasil penelitian Roger Sperry.

     Otak kiri berfungsi dalam ha
l-hal yang
berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, serta merupakan pusat matematika. Beberapa pakar menyebutkan bahwa otak kiri merupakan pusat Intelligence Quotient (IQ).

    Sementara itu otak kanan berfungsi dalam perkembangan Emotional Quotient (EQ). Misalnya sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi. Pada otak kanan ini pula terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, melukis dan segala jenis kegiatan kreatif lainnya.

    Bagian mana yang paling penting? Ya, penting kedua-duanya lah, ciptaan Allah pasti bermanfaat, tidak ada yang sia-sia. dan konon dualisme otak inilah yang menjadikan manusia berpikir serba biner, kiri-kanan, kalah-menang, lambat-cepat, rugi-laba, timur-barat, dan seterusnya. Yah, walaupun begitu, kedua belahan otak ini bekerja beriringan dan saling mendukung.

Semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar